Profile

 

 

Mencari solusi untuk persoalan-persoalan sederhana tidaklah membutuhkan pemikiran yang rumit. Tetapi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang complex, misalnya kebijakan-kebijakan pemerintah (government policies), tentu sangat memerlukan pendekatan yang tepat. Persoalan kebijakan pemerintah tidak bisa diselesaikan dengan cara sederhana. Mengapa? Sebab setiap kebijakan pemerintah pasti berimplikasi terhadap kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun organisasi, pada berbagai aspek. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah tidak boleh salah.

Namun demikian sampai saat ini sepertinya masih banyak produk-produk kebijakan pemerintah yang tidak didasarkan pada pendekatan yang tepat. Solusi yang dirancang dalam menghadapi suatu persoalan seringkali tidak lengkap dan mengandung banyak kelemahan. Hal ini merupakan akibat dari pendekatan yang dilakukan tidak menyeluruh (holistic). Seharusnya setiap kebijakan pemerintah telah memperhitungkan segala aspek secara holistik. Sehingga pendekatan yang digunakan benar-benar dapat menggambarkan kejadian sebenarnya. Yakni komponen apa saja sebenarnya yang membentuk persoalan tersebut. Bagaimana hubungan antar komponen dalam suatu subsistem. Bagaimana hubungan antar satu subsistem dengan subsistem lainnya. Bagaimana hubungan antar subsistem dengan sistem utama. Dengan sistem pendukung. Dengan lingkungan. Bagaimana proses yang terjadi dalam persoalan tersebut mulai dari START, sampai pada ENDING.

Pendekatan yang dapat menggambarkan semua itu adalah pendekatan sistem (system thinking). Hanya saja pendekatan sistem ini menuntut kemampuan banyak bidang (multi discipline). Inilah persoalan utama yang dihadapi perumus-perumus kebijakan yang menggunakan pendekatan sistem. Saat ini sangat jarang sekali ditemukan orang yang menguasai banyak bidang sekaligus. Belum lagi ditambah dengan persoalan kendala kemampuan (skill) penggunaan software-software komputer untuk melakukan pengolahan data sistem.

Orang yang berlatar belakang biologi biasanya akan menggambarkan sistem itu seperti siklus biologi ataupun siklus rantai makanan pada suatu ekosistem. Orang yang berlatar berlakang fisika juga demikian. Dapat dipastikan akan menggambarkan sistem itu sebagai sistem fisika yang difahaminya. Misalkan sirkuit rangkaian listrik arus kuat ataupun arus lemah. Bahkan mungkin akan menggambarkan sirkuit rangkaian terompet telolet. Berbeda dengan ilmu pasti, sistem yang terjadi pada persoalan-persoalan sosial, ekonomi, politik, dan hukum sulit digambarkan. Hal ini karena persoalan-persoalan sosial, ekonomi, politik dan hukum itu sifatnya abstrak. Sehingga hanya orang yang benar-benar faham dibidang tersebut serta objektiflah yang dapat menggambarkan sistem yang terjadi dengan benar.

Dalam website ini saya mencoba menggambarkan formulasi sistem yang benar dari berbagai persoalan kebijakan pemerintah. Terutama ditekankan pada persoalan-persoalan yang berulang dari tahun ke tahun yang tidak pernah terselesaikan. Misalkan :

  1. Persoalan Penyerapan APBN/APBD
  2. Persoalan Pertumbuhan Ekonomi
  3. Persoalan Hutang Luar Negeri
  4. Persoalan Keseimbangan Primer
  5. Persoalan Nilai Tukar
  6. Persoalan Laju Inflasi
  7. Persoalan Lambatnya Pembangunan Infrastruktur
  8. Persoalan Pendanaan Infrastruktur
  9. Persoalan Pengadaan Barang Jasa
  10. Persoalan Kemandirian Industri
  11. Persoalan Investasi
  12. Persoalan Pengelolaan BUMN
  13. Persoalan Pengelolaan Sumber Daya Alam
  14. Persoalan Pengembangan Pariwisata
  15. Persoalan Kebijakan Swasembada Pangan
  16. Persoalan Harga BBM
  17. Persoalan Tarif Listrik
  18. Persoalan Kesehatan
  19. Persoalan Pendidikan
  20. Persoalan Penanggulangan Narkoba
  21. Persoalan Penanggulangan Terorisme
  22. Persoalan Pembangunan Papua
  23. Persoalan Reklamasi Pantai Utara Jakarta

Website ini juga akan menyajikan koreksi-koreksi terhadap beberapa formulasi penyelesaian masalah berdasarkan pendekatan sistem yang telah dibangun oleh berbagai pihak, khususnya yang telah diunggah ke dalam website. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya pemikiran dalam implementasi pendekatan sistem. Selain itu, website ini menyajikan laman statistik dan pembuatan keputusan yang sangat berguna untuk memperkaya pemikiran.

Semoga karya kecil yang dituangkan dalam website ini ada manfaatnya dalam mendukung formulasi kebijakan pemerintah.

Salam, HASTORUAN.